Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah yang terbuka dapat menangkal berita yang tidak benar sehingga pemerintah dan lembaga lainnya atau Badan Publik (BP) harus membuka dirinya. Hal itu disampaikan Wapres saat menyampaikan sambutan usai penyerahan penghargaan kepada BP yang mendapatkan anugerah pemeringkatan BP di Istana Wapres pada Kamis (21/12/2017).

Sebagaimana diketahaui, Komisi Informasi (KI) Pusat telah memberikan penghargaan kepada 64 BP dari seluruh Indonesia pada tahun 2017 ini yang dilaksanakan di Istana Wapres. Sebanyak tujuh kategori yang diberikan penghargaan oleh KI Pusat, masing-masing kategori Perguruan Tinggi Negeri, Badan Usaha Milik Negara, Lembaga Non Struktural, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Provinsi, Kementerian, dan Partai Politik.

Pada pemberian penghargaan itu, KI Pusat mengundang seluruh BP yang mendapatkan penghargaan beserta KI Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia serta NGO pegiat keterbukaan informasi publik. Acara penghargaan tahunan itu dihadiri Ketua KI Pusat Tulus Subardjono, Wakil Ketua Gede Narayana Sunarkha, Kepada Bidang PSI Arif Adi Kuswardono, Kepala Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Wafa Patria Umma, Kepala Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi, Komisioner Hendra J Kede, dan Romanus Ndau Lendong serta Sekretaris KI Pusat Hendra Purnama.

Wapres menambahkan bahwa setelah reformasi di tanah air maka ada dua nilai yang diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pertama demokrasi dan kedua hak azasi manusia. Dijelaskan bahwa dalam demokrasi dikenal adanya keterbukaan karena tidak ada demokrasi tanpa keterbukaan, karena itu pemerintah dan lembaga harus membuka dirinya agar bisa diketahui masyakata seluas-luasnya.

Apaalagi menurutnya, di zaman sekarang telah terjadi perkemangan teknologi yang pesat sekali, jadi dulu berita itu di masa lalu, sekarang bisa ikuti berita sekarang juga dan bahkan berita yang akan datang. “Bisa dibayangkan jika kabar yang beredar adalah berita yang tidak pasti karena itu dengan keterbukaan bada publik kita bisa pastikan berita yang terima adalah yang benar,” katanya.

Sumber : https://www.komisiinformasi.go.id/news/view/jusuf-kalla-pemeritah-terbuka-tangkal-berita-tidak-benar

Pemeritah Terbuka Tangkal Berita Tidak Benar

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 7 = 11